Latest News

Dayak Kalimantan Paling Banyak Dicari

Kamis, 25 Februari 2010 , Posted by Rooneybjm at 23.08

SUKU Dayak terkenal hingga ke mancanegara. Begitu singgah ke Kalimantan, wisatawan lokal maupun mancanegara pasti memburu pernak-pernik khas suku asli ini.

Di Bandara Syamsudin Noor, Banjarbaru, pernak-pernik khas Dayak, khususnya untuk oleh-oleh, banyak tersedia. Kaos sablon bergambar suku Dayak Kalimantan merupakan salah satu suvenir yang banyak menyita perhatian.

Gambarnya yang khas juga dapat membuat pemakainya menarik perhatian orang sekitar. Salah satunya menampilkan seorang anggota Suku Dayak dengan pakaian adat membawa pedang dan perisai sambil menari.

Gambar makin menonjol dan terkesan garang karena sebagian besar kaos berwarna hitam. Kaos juga terkesan elegan karena bahannya berkualitas bagus.

"Bahan kaosnya tebal. Kualitas sablonnya juga bagus. Terang dan tebal. Jadi kaos ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh," ujar Debi, calon penumpang asal Lampung yang hendak bertolak ke Jakarta.

Di stan-stan konsesioner terminal keberangkatan lantai II banyak tersedia beragam kaos sablon berkualitas baik dan bernilai khas Banua.

Karyawan stan Citra Sasirangan, Siti, mengatakan calon penumpang yang mencari oleh-oleh di stannya banyak yang senang dengan motif kaos sablon itu.

"Pada prinsipnya, menurut pengunjung, yang penting ada motif atau tulisan Dayak atau Kalimantannya. Namanya juga untuk oleholeh, jadi harus ada identitas daerah yang dikunjungi," katanya.

Meski tidak bertuliskan Banjar, kain dan baju sasirangan yang dijual di stan tersebut juga mendapat perhatian pendatang. Ini karena sasaringan memiliki motif khas. (sumber B.Post)

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Poskan Komentar