Latest News

Peserta Baayun Bertambah Berlipat-lipat

Kamis, 25 Februari 2010 , Posted by Rooneybjm at 22.49

Antusias masyarakat mengikuti ritual baayun maulid di Masjid Keramat Al Mukarromah Desa Banua Halat Kiri Kabupaten Tapin, Kalsel membuat kewalahan panitia. Hingga menjelang puncak acara, panitia masih disibukkan dengan permintaan tambahan baayun.

Berdasarkan catatan selama penyelenggaraan baayun maulid di Banua Halat Tapin, peserta baayun dari tahun ke tahun terus meningkat.

Pada 1990, ayunan terpasang sekitar 70 ayunan. Pada 1991 terjadi peningkatan menjadi 117 ayunan. Pada 2.000, meningkat lebih dari dua kalipatnya menjadi 265 ayunan.

"Pada penyelenggaraan baayun maulid 2008, menembus rekor MURI dengan jumlah ayunan terpasang 1.557 ayunan dan masuk 100 even tahunan nasional," kata Ibnu, salah seorang panitia.

Ada yang menarik dalam tradisi baayun maulid itu, ratusan botol minuman berjejal di sekitar mimbar Masjid Keramat Al Mukarromah. Begitu selesai ritual baayun, masing-masing peserta mengambil kembali botol minuman dengan harapan yang meminumnya mendapat kebaikan dan kesehatan. (sumber B.Post)

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Poskan Komentar