Latest News

Baayun Anak di Makam Sultan Suriansyah

Kamis, 25 Februari 2010 , Posted by Rooneybjm at 22.42

Event baayun (mengayun) anak di bulan Rabiul Awal atau maulid disambut antusias masyarakat Banjarmasin. Baru beberapa hari Panitia Baayun Anak Badan Pengelola dan Pemelihara Komplek Makam Sultan Suriansyah membuka pendaftaran, sudah terisi semua tempat.

Baayun maulid biasa dilaksanakan bertepatan 12 Rabiul Awal, tempat di Komplek Makam Sultan Suriansyah, Kuin Utara, banjarmasin. Namun karena tahun ini jatuhnya bertepatan Jumat, sehingga pelaksanaan mundur ke tanggal 13 Rabiul Awal bertepatan Sabtu 27 Februari.

"Kami menyediakan untuk 100 anak, dan semua sudah penuh," kata Ketua Panitia H Burhan pada BPost Online.

Uniknya, lanjut Burhan, selain anak-anak, ada juga nenek-nenek dan kakek-kakek mendaftar untuk diayun.

"Biasanya mereka bernazar sesuatu, seperti sembuh dari sakit, sehingga bila terkabul lalu dilaksanakan baayunnya. Namun peserta orang tua tidak termasuk yang jumlahnya 100," imbuh Burhan.

Baayun anak ini adalah salah satu agenda tahunan Badan Pengelola dan Pemelihara Komplek Makam Sultan Sultan Suriansyah bekerja sama dengan Pengurus Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) Sultan Suriansyah. Kegiatan upacara tradisonal yang unik, khas dan langka ini merupakan rangkaian peringatan maulid Rasulullah SAW.

Kegiatan baayun anak juga menjadi agenda tahunan di Mesjid Al Mukarramah Desa Banua Halat, Kabupaten Tapin. Bahkan pesertanya jauh lebih banyak, mencapai ribuan.

Baayun anak adalah tradisi turun temurun yang dilakukan para orangtua untuk mengantar sang buah hati tidur. Baayun dengan prosesi khusus di bulan Maulid, biasanya lebih afdol dilakukan tiap 12 Rabiul Awal bertepatan dengan kelahiran Nabi Muhammad.

Saat prosesi, biasanya anak diantarkan dengan shalawat. Harapannya agar anak kelak taat beragama, sehat, anak yang cerdas, serta anak yang berbakti kepada orang tua. (sumber B.Post)

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Posting Komentar